Toko Online dan Beberapa Manfaatnya

Perkembangan Teknologi Informasi Dunia
Teknologi informasi merupakan dunia yang selalu dinamis atau tidak konsisten dan mudah berubah. Zaman sekarang dapat menjadi trend akan tetapi belum tentu kedepannya menjadi sebuah trend juga. Beberapa tahun lalu, para programer Indonesia maupun dunia mungkin masih menggunakan Visual Basic, Delphi Visual C++ dan berbagai bahasa pemograman lainnya, namun pada zaman sekarang ini pemograman sudah beralih yang berbasis internet.

Toko Online dan Beberapa Manfaatnya

Perubahan yang pesat dalam dunia Teknolgi Informasi turut membawa pengaruh besar terhadap dunia bisnis. Orang berjualan tidak harus lagi mempunyai tempat dan bertemu langsung cukup dengan melakukan negosiasi dan transaksi melalui internet dengan otomatis. Bnayak perusahaan yang menydiakan beragam fasilitas yang memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi, bahkan seorang nasabah atau member dapat memindahkan sejumlah uang kerekening lain dengan mengirim sms atau dengan mengaktifkan sebuah aplikasi.

Pengertian Blog
Apa itu Blog ?. Menurut Wikipedia Indonesia Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog
Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs yang telah diakusisi oleh Google pada tahun 2002 lalu. Sejak itu, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi dan website yang bersifat sumber terbuka untuk perkembangan para penulis sebuah blog tersebut.

Blog memiliki fungsi yang sangat beragam seperti menjadi catatan harian, media publikasi maupun digunakan sebagai sebuah kampanye politik serta digunakan untuk program-program media masa dan perusahaan. Blog dibuat, ditulis dan dipelihara oleh seorang penulis tunggal dan ada juga yang dibuat oleh beberapa penulis. Blog juga memiliki fasilitas interaksi terhadap pengunjungnya, seperti adanya buku tamu dan kolom komentar yang memperkenankan kepada pengunjung untuk meninggalkan komentar atas isi dari artikel atau tulisan yang telah dipublikasikan pemilik atau penulis sebuah blog.

Membuat Toko Online
Apa itu toko Online ?. Toko Online adalah Penjualan dan Pembelian sebuah produk, informasi dan jasa melalui sistem Online atau menggunakan jaringan internet. Perkembangan internet yang cepat merupakan faktor pendorong adanya sebuah Toko Online. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan kita keseluruh dunia dengan mudah, yang tentunya sangat bermanfaat untuk mendapatkan income atau pendapatan yang lebih baik dari produk, informasi maupun jasa yang di perjual belikan.

Dengan menggunakan sistem internet (Toko Online), transaksi dalam bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang cukup singkat. Toko Online juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan informasi (Iklan) seperti yang dilakukan di offline. Selain itu, dengan toko online, transaksi bisa berlangsung dengan cepat dengan biaya yang lebih efesian dan murah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bersaing sebuah produk, informasi maupun jasa.

Sejarah Toko Online
Toko Online dimulai saat Departemen Pertahanan dan Amerika Serikat yang membentuk sebuah badan yang bernama Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) yang bertugas sebagai pengadaan proyek jaringan komunikasi. Melalui ARPA, dikembangkan menjadi Advenced Research Project Agency Network (ARPANET) pada tahun 1996, yang menggunakan komputer PDP-10 dan PDP-11 produksi Digital Equipment Corporation di bawah platform Unix.

Sebuah situs Toko Online merupakan situs komersial yang siap menerima order atau pesanan dan dapat di akses dari berbagai wilayah dunia dengan mengetikan alamat situs di browsernya. Oleh karena itu pemilik situs Toko Online harus mempertimbangkan beban biaya dan wilayah jangkauan distribusi barang produksinya.

Berikut ini adalah 10 Manfaat atau Kelebihan Memiliki Situs Toko Online :
1. Toko tidak harus memerlukan modal dan biaya yang besar.
Dengan Toko Online pengusaha tidak perlu mencari lokasi untuk membangun atau menyewa tempat usaha dan peralatan secara fisik seperti tempat usaha umumnya. Toko online hanya perlu membeli atau menyewa hosting dan domain jika diperlukan. Toko Online inipun bisa dibuat dengan gratis melalu blogger.com milik Google. Agar Toko Online menjadi lebih terlihat profesional anda hanya perlu membeli sebuah domain.

2. Toko Online lebih efektif, efesien dan cepat.
Internet bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat pada zaman sekarang ini. Sudah dipastikan sebagian besar masyarakat sudah sering dan mahir menggunakan internet. Selain dapat mengurangi biaya produksi, Toko Online juga dapat membuat komunikasi, negosiasi dan transaksi lebih efektif, efesien dan cepat dengan menggunkan email atau chatting maupun aplikasi otomatis.

3. Tidak memerlukan banyak tenaga kerja.
Mengelola Toko Online hanya membutuhkan teanaga kerja beberapa orang saja seperti Costumer Service (CS) dan Publikasi Produk. Jadi kita tidak perlu membayar atau menggaji banyak karyawan seperti toko offline umunya.

4. Proses transaksi Toko Online lebih mudah dan cepat
Proses transaksi melalui toko online dapat dilaksanakan dengan cepat, mudah, bisa kapan saja dan dimana saja selama pembeli atau konsumen dan penjual atau penyedia barang atau jasa dapat saling terhubung.  Media penghubung toko online tidak hanya website/blog saja melainkan bisa menggunakan sosial media, aplikasi, perangkat mobile atau perangkat elektronik lainnya.

Proses transaksi mudah dilaksanakan karena diatur melalui perangkat lunak. Data mengenai pembeli atau konsumen dan produk dipesan disimpan dalam database oleh konsumen itu sendiri melalui from yang telah disediakan pemilik toko online. Pemilik situs Toko Online juga bisa memesan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim pesan kepada konsumen, baik berupa konfirmasi transaksi atau pesanan maupun informasi waktu pengiriman barang / jasa. Operator yang bertugas hanya perlu mengawasi dan melakukan aktivitas yang tidak mampu dilakukan oleh perangkat lunak, misalnya menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen secara khusus.

5. Pasar yang luas
Toko Online  mampu membuka pangsa pasar yang luas tingkat internasional karena internet dapat diakses seluruh dunia.

6. Tidak ada batasan ruang dan waktu.
Toko Online tidak mengenal batasan negara dan waktu, sehingga tidak menjadikan kendala dalam menjual atau membeli produk barang maupun jasa. Toko Online bisa membuka layanan tokonya selama 24 jam jika diperlukan.

7. Tidak diperlukan perusahaan penghubung (mediator)
Toko Online tidak memerlukan penghubung atau mediator sebagaimana konvensional yang memerlukan penghubung seperti retailer dan sebagainya. Dala Toko Online, perusahaan atau pengusaha penyedia barang dan jasa hanya perlu mempromosikan situs toko online dan produknya, dan akan langsung terhubung dengan konsumen diseluruh dunia.

8. Toko Online dapat membuka bisnis secara global
Perdagangan global meliputi jaringan perdagangan tinkat internasional atau dunia. Perdagangan global dapat memicu tumbuhnya kelompok-kelompok perusahaan yang memiliki hubungan kerja sama yang baik. Munculnya kelompok perusahaan akan menimbulkan ide untuk berkolaborasi dalam suatu wadah yang sangat dikenal dengan istilah B-web (Busines Web), yaitu semacam usaha satu atap dari beberapa perusahaan yang bergabung membentuk aliansi, untuk berkompetisi dengan perusahaan lainnya, baik yang sama maupun yang lebih besar

9. Kualitas harga yang bersifat bersaing (kompetitif)
Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas dengan harga yang murah adalah salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan dan menarik konsumen. Ini juga disebabkan karena penyedia/produsen dapat langsung berinteraksi dan berkomunikasi dengan pembeli/konsumen tanpa calo atau pihak ketiga sehingga harga bisa menjadi lebih murah. Bagaimanapun juga, dalam sebuah perdagangan tetap akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan dengan kerugian dan pengorbanan seminimal mungkin.

10. Memacu kreativitas dan inovasi
Dengan persaingan yang ketat dan bersifat global, akan memicu munculnya gagasan atau ide baru yang dituangkan dalam bentuk kreatifitas sehingga terbentuk inovasi yang baik dari sebelumnnya. Inovasi yang yang kreatif dikenal sebagai salah satu faktor daya tarik, khususnya bagi konsumen yang ingin tahu dan penasaran untuk mencoba. Inovasi yang tercipta juga akan menambah keragaman produk dan manusia akan semakin dimanjakan oleh berbagai produk yang menjanjikan kemudahan hidup. Inovasi dan kreatifitas dapat menjadikan semuanya menjadi instan dan mudah.

Bagi yang ingin membuat toko online yang mudah dibangun, cepat dan memiliki daya tarik serta murah bahkan bisa gratis (tanpa modal) cukup menggunakan Blogger yang akn kita bahas dengan rinci diblog atau website ini secara rinci step by step.

Blogger merupakan milik Search Engine (mesin pencari) terbesar dunia yaitu Google yang jelas akan berpengaruh terhadap hasil pencarian di google akan semakin mudah untuk menemukan situs toko online anda.

Selain itu, membuat toko online dengan menggunakan Blogger tidak harus menguasai kemampuan dalam desain grafis, animasi, bahasa pemograman untuk web (seperti php, asp, java, html dan vbscript maupun software database (seperti MySQl, Oracle, SQL dan sebagainya) karena sudah disediakan secara otomatis. Kita hanya perlu sedikit membaca dan praktek serta berkreatif dalam membuat tampilan dan produk supaya bisa menarik perhatian konsumen atau pelanggan.

Peluang Toko Online di Indonesia
Mengingat Indonesia adalah Negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, yang bisa menjadi salah satu pasar dunia. Sekarang ini banyak sekali situs-situs toko online di Indonesia yang menjual berbagai barang dan jasa yang bervariasi, mulai dari perbankan sampai kerajinan tangan.

Ketika toko online mulai bergulir, Indonesia tidak ketinggalan mengikuti trend ini. Beberapa pelaku bisnis Indonesia mencoba membuka situs Toko Online yang menyediakan pelayanan secara online, meskipun mungkin belum memuaskan mengingat pelayanan yang belum sepenuhnya 24 jam atau operator atau costumer service yang belum maksimal dalam melayani keluhan dan pertanyaan konsumen. Saat ini pemahaman pelaku bisnis dan masyarakat mengenai Toko Online semakin bertambah, sehingga sekarang sudaha banyak situs-situs Toko Online Indonesia mulai tumbuh dengan pesat di dunia maya.

Namun dalam penerapan Toko Online di Indonesia, masih ada beberapa kendala yaitu masih banyak masyarakat Indonesia yang pemahaman dalam dunia teknologi dan Informasi masih kurang. Adanya krisis ekonomi, lemahnnya ekonomi masyarakat, ancaman virus dan program-program pengganggu lainnya, ketegasan peraturan dan perundang-undangan dan lemahnya daya beli masyarakat Indonesia serta mahalnya biaya jaringan menjadi kendala sendiri dalam membangun Toko Online di Indonesia.

Istilah-Istilah dalam Toko Online (Bisnis Online)
- Ad Space : merupakan ruang tempat iklan dalam sebuah website
- Affiliate : orang atau user yang membantu menjual atau mempromosikan produk orang lain, dengan imbalan komisi dari penjualan yang dilakukan.
- Affiliate Agreement : Dokumen kontrak yang mengikat antara pemilik produk atau jasa dengan affiliate.
- Affiliate Software : Software yang digunakan oleh affiliate manager untuk memantau kegiatan yang dihasilkan oleh affiliatenya.
- Affiliate URL/Link Affiliate : Link yang berisi kode untuk bisa mengenali hasil penjualan seorang Affiliate
- Cost per Sale : merupakan harga pembayaran komisi kepada advertiser/pengiklan untuk penjualan dalam sebuah Affiliate
- B2B (Busines to Busines) : Perdagangan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya
- B2C (Busines to Consumers) : Perdagangan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan konsumennya
- B2G (Busines to Government) : Perdagangan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan pemerintah
- Bounce : Kiriman Email yang dikembalikan karena alamat email yang dituju tidak ada atau tidak valid
- BPS (Bits per Second) : Satuan ukuran untuk menunjukkan kecepatan transfer data perkomputer yang dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik
- Database : Kumpulan File yang berkaitan satu dengan yang lainnya
- Email Discussion List : Forum diskusi melalui Email
- Email marketing : Proses marketing / pemasaran sebuah produk dengan email
- EPC (Earning per Click) : rata-rata pendapatan per klik
- Keyword : Kata yang digunakan sebagai acuan dan referensi untuk menemukan kata lainnya dalam sebuah pencarian di mesin pencari (Search Engine)
- M-Commerse : transaksi bisnis yang dilakukan memakai mobile phone atau Handphone
- Merchant : Tempat untuk memasarkan atau menjual produk di internet
- Newsletter : Majalah elektronik yang dipublikasikan melalui website atau email
- Newbie : Istilah yang diperuntuk bagi pengguna internet yang masih baru atau pemula
- Rate Card : Informasi harga dari berbagai iklan
- SEO (Search Engine Optimization) : Memfokuskan posisi situs pada mesin pencari untuk memperoleh peringkat yang lebih baik dan tinggi pada mesin pencari (search engine)
- Site Map : Peta atau daftar konten/atikel/produk dalam sebuah website yang akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang dicari.
- Skycraper ad : Iklan-Iklan banner online yang memanjang kebawah dalam halaman web

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel