Syarat Melamar Kerja Supaya Lamaran Mudah Diterima dan Segera Dapat Bekerja

Di zaman sekarang untuk mendapatkan kerja yang layak sesuai keinginan memang agak sulit , namun semua itu tergantung dari niat dan rezeki kita masing-masing. Banyak yang sudah sarjana tapi tetap menganggur atau memiliki pekerjaan yang di anggap tidak layak berdasarkan penghasilan atau gelarnya. Namun kebalikannya ada yang tidak punya tamatan atau tamatan rendah tapi mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang cukup memuaskan. Sekali lagi semua itu tergantung dari niat, usaha, doa dan rezeki masing-masing orang. Intinya teruslah berusaha agar mendapatkan pekerjaan yang layak dan nyaman sesuai keinginan.

Syarat melamar kerja supaya lamaran mudah diterima

Untuk membantu teman-teman yang ingin melamar kerja atau ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya, pada kesempatan ini saya akan menulis bagaimana cara menyiapkan bahan lamaran kerja yang baik dan syarat yang sering di butuhkan saat akan melamar sebuah lowongan kerja. Semua yang saya tulis dibawah ini adalah pengalaman saya sendiri sebelum dan setelah mendapatkan pekerjaan lalu ingin pindah tempat kerja. Perlu teman-teman ketahui saya hanyalah tamatan SMA, akan tetapi alhamdulillah setiap melamar kerja jarang sekali di tolak. Karena mungkin saya juga seorang yang pembosan dari tamat sekolah tahun 2007 hingga sekarang sudah merasakan pengalaman di 6 (enam) tempat kerja yang berbeda-beda, mulai dari perusahaan swasta , bidang pendidikan sampai ke instansi pemerintahan. Sekarang ini alhamdulillah sekarang sudah 3 tahun saya bekerja di instansi pemerintah desa. Mungkin ini adalah tempat pengalaman kerja terlama saya , karena sebelumnya paling lama saya bertahan di sebuah tempat kerja hanya 7 bulan - 1 tahun. hehehe.

Ok. mungkin teman-teman sudah merasa bosan dengan ocehan saya dan ingin segera membaca tentang Proses Jika Akan Melamar Kerja atau Jika Ingin Mendapatkan Pekerjaan. Berikut Langkah-langkah jika ingin segera bekerja.

Mencari Informasi Lowongan Kerja

Dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, berdasarkan pengalaman saya lebih baik langsung bertanya kepada orang dalam yang bekerja di perusahaan atau instansi yang mau kita masukkan lamaran. Akan tetapi zaman sudah canggih, teman-teman bisa mencari lamaran kerja di internet seperti di grup-grup media sosial seperti facebook dan web khusus informasi lowongan kerja. Bisa juga dengan sering membaca dan mendengar informasi dari teman, keluarga maupun orang lain atau bisa juga menyebar lamaran langsung ke beberapa perusahaan atau instansi yang di inginkan.

Menyiapkan Persyaratan Lamaran Kerja

Setelah anda mengetahui adanya lowongan kerja yang ingin teman-teman masukkan lamaran, sebaiknnya segera kumpulkan atau urus syarat-syarat yang umumnya diperlukan dalam melamar pekerjaan. Diantaranya adalah :
- Photo Copy Ijazah terakhir
- Photo Copy Transkip Nilai
- Photo Copy KTP atau SIM atau Tanda Pengenal
- Photo Copy KK (Jika dibutuhkan, namun lebih lengkap akan semakin baik)
- Pas Photo Bewarna ukuran 2 x 3, 3 x 4 dan 4 x 6
- Photo Copy Sertifikat Kursus atau Pelatihan (contohnya sertifikat kursus komputer jika ada)
- Surat Pengalaman Kerja (jika ada, ini didapat jika kita sudah pernah bekerja)
- Surat Lamaran Kerja
- Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
- Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian (SKCK)
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter
- Surat Rekomendasi dari Desa (jika diperlukan / tidak wajib)
- Surat Keterangan Pencari Kerja dari Depnaker / Disnaker atau yang disebut dengan Kartu Kuning (tidak wajib).

Membuat Surat Lamaran Kerja

Jika semua syarat seperti photo copy ijazah, transkip nilai, KTP, KK, Pas Photo dan persyaratan pendukung lainnya sudah cukup atau disediakan selanjutnya kita membuat surat lamaran kerja yang baik. Perlu teman-teman ingat persyaratan yang perlu disiapkan biasanya tergantung atau sesuai dengan informasi lowongan kerja yang kita terima. Ada yang syaratnya cuma surat lamaran, cv, ijazah, pas photo dan ktp, ada yang syaratnya harus ada surat lamaran, cv,  ijazah, ktp, SKCK dan Surat Keterangan Sehat. Namun secara umum biasanya dalam melamar kerja yang wajib disediakan adalah Photo copy ijazah, transkrip nilai, KTP, Pas Photo, SKCK, Surat Keterangan Sehat, Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup

Tips membuat lamaran pekerjaan : Menurut pengalaman yang saya ketahui membuat lamaran kerja sebaiknya dengan menulis langsung dengan pena (tanpa diketik) dan harus ada tangan tangan diatas matrai pada bagian nama kita. Berdasarkan informasi yang saya terima dari beberapa manejemen penerimaan karyawan membuat surat lamaran dengan tulis tangan ini menandakan anda memang memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk bekerja dan diterima. Selain itu surat lamaran kerja yang ditulis tangan dapat membantu bagian manajemen untuk menganalisa sifat dan perilaku kita. Oleh karena itu tipsnya jika tulisan anda jelek mintalah bantuan kepada seseorang yang memiliki tulisan yang rapi dan bagus.

Namun ada beberapa kondisi yang mewajibkan kita supaya membuat lamaran dengan ketikan atau harus diketik, ini bisa dari pengumaman persyaratan atau jika kita ingin melamar pada posisi tertentu yang biasanya berhubungan dengan bidang komputer atau administrasi. Karena menurut informasi dengan mengetik Surat Lamaran menandakan anda memang mahir dan ahli di bidang komputer atau administrasi. 

Format Surat Lamaran Kerja :
Berdasarkan Lamaran Kerja yang pernah saya buat setidaknya dalam sebuah Surat Lamaran harus ada :
  1. Alamat, Tanggal, Bulan dan Tahun Surat Lamaran
  2. Perihal Surat (bisa ditulis dengan Hal : Permohonan Lamaran Kerja atau Lamara Kerja)
  3. Salam Penghormatan awal (bisa ditulis : Kepada YTH Atau Yang Terhormat)
  4. Tujuan Surat (Nama Instansi atau Perusahaan Bisa ditulis contoh: Bapak/Ibu Pimpinan PT.DoyLc)
  5. Alamat Tujuan (Alamat Perusahaan atau Instansi), kalau informasi lowongan kita dapat dari iklan atau selebaran atau dari internet biasanya di jelaskan tujuan surat lamarannya yang dapat kita ikuti sesuai petunjuk di Informasi.
  6. Salam Pembuka ( Bisa ditulis : Assalamualaikum atau Dengan Hormat)
  7. Alenia / Paragraf Pertama berisi keinginan bekerja atau informasi yang didapat tentang pekerjaan yang dilamar serta informasi pribadi seperti nama, alamat,tempat tanggal lahir, no hp , pendidikan terakhir dan lain sebagainya
  8. Alenia / Paragraf Kedua bisa berisi tentang anda baik berupa profil, hobbi, kebiasaan dan latar belakang pekerjaan anda di lengkapi dengan list lampiran persyaratan lamaran yang kita punya.
  9. Aleni / Paragraf terakhir berisi harapan, janji kita dan ucapan terima kasih
  10. Salam Penutup
  11. Salam Hormat
  12. Nama dan tanda tangan di bagian akhir paling bawah surat lamaran.

Untuk Lebih Jelasnya anda dapat melihat contoh gambar yang saya uraikan diatas :

Format Membuat Surat Lamaran Kerja

Perlu dicatat contoh format di atas adalah contoh surat lamaran kerja berdasarkan pengalaman yang biasanya saya buat saat hendak melamar pekerjaan dan belum tentu sesuai aturan dalam format penulisan atau cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Teman-teman bisa menyesuaikan ,menulis ulang atau mengetik sendiri kata-kata dan cara penulisannya atau bisa juga mecari sumber lain dengan kata kunci Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Sesuai Aturan atau kata kunci lainnya di google, bing atau facebook dan lainnya. Jika teman teman menginginkan mengcopy atau mendownload Contoh Surat Lamaran Kerja berdasarkan pengalaman yang pernah saya buat. Silahkan Copy atau Download beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Format Ms. Word dibawah ini :

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Keinginan sendiri / Tanpa ada Informasi Lowongan Kerja dan Jika Tidak Mempunyai Pengalaman Kerja :



Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan  Informasi Lowongan Kerja dan Jika Tidak Mempunyai Pengalaman Kerja :



Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan  Keinginan sendiri / Tanpa ada Informasi Lowongan Kerja tapi Mempunyai Pengalaman Kerja atau Sudah Pernah Bekerja :



Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan  Informasi Lowongan Kerja dan Mempunyai Pengalaman Kerja atau Sudah Pernah Bekerja :



Membuat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) biasanya juga menjadi persyaratan wajib jika kita melamar kerja dengan surat lamaran. Curriculum Vitae (CV) biasanya berisi Informasi atau Bioadata Pribadi, Riwayat Pendidikan atau Pelatihan baik yang formal maupun nonformal, Riwayat Pengalaman Kerja, Kemampuan Pribadi atau Keahlian. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengambil contoh Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) Format Ms. Word yang saya buat berdasarkan pengalaman dibawah ini. Silahkan Copy atau Download dibawah ini :

Contoh Format Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) Format Ms. Word

Mengantar Lamaran Kerja

Setelah semua persyaratan Lamaran Kerja teman-teman lengkap antarkanlah segera ke tempat tujuan sesuai Informasi Lowongan Kerja yang kita terima atau ketempat perusahaan atau instasi berada.

Tips : Jika bisa antar langsung sendiri lamaran kerja ke bagian personalia atau kepala atau pimpinan perusahaan / Instansi dan usahakan bisa bertemu langsung dengan kepala atau pimpinan atau bagian penerimaan karyawan. Intinya jika ingin lamaran segera diterima jangan menitipkan lamaran. 

Demikian tentang bahasan sesuai judul Syarat melamar kerja supaya lamaran mudah diterima, untuk cara mengurus persyaratan pendukung  lainnya seperti SKCK, Surat Keterangan Sehat, Kartu Kuning dan Surat Rekomendasi dari Desa atau Kelurahan dapat teman-teman browsing lagi di mesin pencari atau minta bantuan mbah google. Pada kesempatan lain Insyaallah akan saya posting di blog atau website ini. 

Terima Kasih dan Mohon Maaf jika ada kekurangan serta Mohon Kritik , Saran dan Pertanyaan di Kolom Komentar atau Kirim Melalui Kontak Kami jika ada kesulitan atau kesalahan tentang postingan seputar melamar pekerjaan ini. Akhir kata saya berdoa semoga lamaran anda segera diterima dan anda segera mendapat pekerjaan yang layak dan sukses. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel