Bahan dan Alat serta Jenis-Jenis Tusukan Dasar Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Setelah sebelumnya telah di posting tentang Pengantar  serta Tips dan Teknik Membuat, Memilih dan Merawat Kerajinan Tangan dari  Kain Flanel. Langkah selanjutnya sebelum memulai belajar atau membuat aneka kreasi kerajinan tangan kain flanel adalah menyediakan bahan-bahan dan alat yang diperlukan. Berikut Bahan-Bahan dan Alat yang harus disediakan untuk Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel :


Bahan dan Alat serta Jenis-Jenis Tusukan Dasar Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Bahan-Bahan Membuat Kerajinan Tangan Kain Flanel

1. Kain Flanel
Kain Flanel atau Felt merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan dasar berserat wol tanpa ditenun, yang dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain yang beragam tekstur, jenis dan kualitas (tergantung bahan dan proses pembuatnya). Kain flanel ini mudah dijumpai dan didapat di pasaran, dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Kain ini mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat kerajinan tangan.

2. Benang Sulam
Benang sulam adalah jenis benang yang digunakan untuk memperkuat dan menampilkan motif tepian kain flanel pada pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel ini. Caranya adalah menggandakan benangnya (gunakan benang dobel dalam membuat motif tepian).

3. Benang Sulam Dwi Warna
Benang sulam dwi warna ini dapat digunakan untuk memperkaya warna dan motif jahitan pada kain flanel. Benang ini dapat mempercantik motif kreasi kerajinan tangan anda.

Alat-Alat Yang Perlu Disiapkan Membuat Kerajinan Tangan Kain Flanel

1. Jarum Jahit
Jarum jahit digunakan untuk menjahit kreasi kerajinan tangan kain flanel baik untuk menjahit tepian kain maupun motifnya.

2. Gunting
Selain gunting biasa yang tajam untuk memotong kain flanel, anda perlu menyediakan beberapa jenis gunting dalam pembuatan kerajinan tangan kain flanel, diantara :
- Gunting Lengkung
Gunting lengkung digunakan untuk membantu merapikan motif lengkung pada kreasi kerajinan tangan kain flanel anda.

- Gunting Zig-Zag
Gunting zik-zag digunakan untuk membantu mempercantik  motif tepian kain flanel.

Itulah Alat dan Bahan yang perlu disediakan jika ingin memulai membuat kreasi kerajinan tangan kain flanel. Setelah alat dan bahan sudah tersedia, maka langkah selanjutnya bagi pemula maupun yang belum memahami untuk mengetahui Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit dibawah ini.

Jenis-Jenis Tusukan Dasar Dalam Membuat Kreasi Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel.

- Tusuk Jelujur
Tusuk jelujur selain dapat sebagai teknik jahitan untuk menyambung kain flanel, juga dipakai untuk memunculkan motif garis lurus maupun lengkung.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tikam Jejak (Tusuk Balik)
Tusukan ini merupakan jenis atau teknik jahitan untuk membentuk motif batang dan untuk menyambung kain flanel. Tusuk tikam jejak ini lebih kuat jika dibandingkan dengan tusuk jelujur jika dipakai dalam menyambung kain flanel.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tusuk Feston
Tusuk feston merupakan jenis tusukan atau teknik jahitan yang dipakai saat menghias tepian kain flanel, tusukan ini juga dipakai saat membuat lubang kancing serta tusukan ini juga digunakan untuk memperkuat tepian kain flanel.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tusuk Roll
Biasanya jenis / teknik tusukan ini digunakan untuk menyambung dua sisi pertemuan pada kain flanel dalam membuat kerajinan tangan dari flanel.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tusuk Pipih
Tusuk pipih biasanya dipakai saat membuat hidung maupun mulut saat membuat boneka.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tusuk Rantai
Jenis / teknik tusukan jahit ini digunakan saat membuat garis pembatas, contohmya seperti saat membuat motif tulang daun atau batang daun.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


- Tusuk Bulllion
Tusuk bulllion ini selalu digunakan saat membentuk motif kuncup bunga kecil-kecil atau buliran-buliran kecil contohnya seperti saat membuat motif putik bunga.
Teknik atau Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Menjahit


Demikian beberapa persiapan awal yang harus disediakan dan dipelajari dalam Langkah Membuat Aneka Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel. Selanjutnya adalah Cara Membuat Motif Kreasi Kerajinan Tangan dari Flanel yang insyaallah akan kami update daftar dibawah ini setiap ada motif atau kreasi baru. Atau bisa juga untuk mengetahui updatenya liat di label atau kategori Kain Flanel pada Blog ini klik Disini.

Berikut Contoh dan Cara Membuat Beberapa Motif  Kerajinan Tangan dari Flanel :
1. Membuat Kreasi / Mainan Buah Belimbing. Klik Disini
2. Membuat Kreasi / Mainan Buah Kiwi. Klik Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel