Membuat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Lembaran-lembaran kain flanel yang banyak warni-warni dapat dibuat menjadi karya kerajinan tangan yang luar biasa seperti boneka, replika kue, buah-buahan atau bunga. Intinya kita bermain dengan daya imajinasi dan kreatifitas untuk menciptakan kerajinan tangan yang cukup unik dan lucu.

Membuat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Cara membuat kerajinan tangan dengan kain flanel ini sebenarnya tidak susah, asal kita mau mencoba praktek dan belajar sungguh-sungguh. Sebagai bahan anda berkreasi untuk membuat kerajinan tangan menggunakan kain flanel insyaallah dalam blog ini akan dibahas dengan detail dan lengkap tentang langkah-langkah membuat kerajinan tangan dari kain flanel, dari pemula hingga mahir yang diharapkan nantinya bagi anda yang membaca dan mempraktekkan artikel tentang pokok bahasan ini, bisa berkreasi sendiri sesuai imajinasi dan kreatifitasnya. Label tentang Kerajinan Tangan dari Kain Flanel ini akan membahas tentang bahan-bahan untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel, pola dasar dan teknik dalam menjahit serta tutorial atau langkah-langkah dan contoh ide-ide kreasi yang bisa dijadikan acuan untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel, yang mudah-mudahan bermanfaat dan membantu anda untuk mempelajarinya.

Bagaimana tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel ini ?. Tentunya tidak ada alasan untuk tidak mau belajar, membaca dan mencobanya khususnya bagi ibu-ibu. Karena kerajinan tangan jenis ini hanya membutuhkan keuletan dan kemauan. Selain bahan-bahannya mudah didapat membuat kreasi dari kain flanel ini juga tidak mengganggu aktifitas wajib anda sehari-hari atau bisa dipraktekkan pada waktu luang. Sekali lagi cara membuatnya juga tidak terlalu sulit apalagi bagi ibu-ibu yang rata-rata sudah pandai dan bisa menjahit.

Tentunya akan semakin menarik jika anda dapat membuat beragam kreasi yang cantik dan unik nantinya yang mungkin saja terinspirasi dari blog ini. Kerajinan tangan ini tentunya bermanfaat sebagai hadiah yang berbeda dengan yang lainnya. Selain itu jika anda memang berniat dan konsisten membuat kerajinan tangan dari kain flanel ini, bisa dijadikan bisnis sampingan maupun bisnis besar untuk menambah penghasilan keluarga anda. Intinya jangan berhenti untuk berkreasi.

Sebelum memulai membuat kerajinan tangan dari kain kain flanel ini ada baik membaca Tips dan Teknik Membuat, Memilih dan Merawat Kerajinan Tangan dari  Kain Flanel untuk kreasi kerajinan tangan dibawah ini.

Membuat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Berikut Tips dan Teknik Membuat, Memilih dan Merawat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Fanel : 
  1. Pilihlah kain felt atau flanel kualitas yang baik. Banyak jenis kain flanel yang bisa kita dapatkan di pasaran, untuk melihat kualitasnya kita bisa melihat tekstur dan tebal tipisnya bahan. Biasanya bahan kain flanel yang baik memiliki ciri-ciri berserat padat, elastis, dan tidak mudah sobek jika ditarik.
  2. Pastikan bahan kain flanelnya bersih dan tidak ada lipatan sedikitpun. Untuk menghilangkan lipatan kita bisa mensetrika kain flanel terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuat kreasi kerajinan tangan.
  3. Ciptakan bentuk kreasi desain sesuai imajinasi sendiri. Tapi sebelum anda punya imajinasi sendiri, blog ini bisa anda jadikan acuan untuk membuka kreatifitas atau imajinasi alami anda, untuk update kreasinya dapat dibaca pada label Kain Flanel. Atau Bisa juga bisa dibuat dasar referensi dari komik, tokoh-tokoh kartun atau karakter di majalah, buku maupun dari browsing di Google, Bing dan lainnya.
  4. Gambarlah pada kertas karton pola atau kreasi yang di inginkan terlebih dahulu, lalu baru membuat pola atau kreasinya. Karena dapat memudahkan anda untuk menjiplaknya diatas bahan.
  5. Gunakan pensil atau kapur jahit untuk menjiplak pola/kreasi. Jangan menggunakan spidol atau pena, karena kain flanel berbahan wol yang mudah menyerap tinta sehingga nantinya dapat meninggalkan bekas atau kain dapat menjadi kotor karena tinta.
  6. Gunakan kain gunting yang tajam untuk memotong kain flanel. Karena gunting yang tumpul akan meninggalkan bekas guntingan pada kain flanel sehingga menjadi tidak rapi atau dapat meninggalkan serat-serat kain.
  7. Pilih jenis jahitan yang sesuai dengan pola dalam teknik tusukan menjahit. Misalnya untuk menyatukan dua lembar kain felt/flanel gunakan tusukan jelujur, tusuk flanel atau tusuk feston, untuk menjahit pemberian motif gunakan tusuk rantai, tusuk daun atau tusuk jejak. Jenis Jenis tusukan dasar dalam membuat kreasi kerajinan tangan dari kain flanel dapat anda baca di postingan Bahan dan Alat serta Jenis-Jenis Tusukan Dasar dalam Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel. 
  8. Sisakan beberapa sentimeter jahitan (Jangan dijahit semua) untuk jalan memasukkan bagi pengisian pola yang perlu di isi.
  9. Gunakan bahan isian kreasi kerajinan tangan dari flanel seperti kapas, kapuk, busa, dakron atau slikon.
  10. Gunakan lem bening untuk merekat bagian-bagian pola kreasi kerajinan agar lebih mudah saat ditusuk dengan jahitan (jangan gunakan lem yang keras/mengeras jika sudah kering/rekat)
  11. Gunakan lem temba atau lem lilin untuk merekat bagian aksesoris karena lebih cepat melekat atau kering.
  12. Rapikan hasil kreasi kerajinan tangan anda dengan menggunting pinggir-pinggirnya jika ada serat-serat kain yang kurang rapi.
Membuat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Cara Merawat Hasil Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel.

Bagi yang sudah berhasil membuat aneka kreasi kerajinan tangan dari kain flanel, maka kita perlu merawat dan membersihkan kerajinan tangan tersebut. Perawatan pada kain flanel sangat penting karena kain flanel bukan bahan kain yang dibuat dengan cara ditenun. Berikut beberap Tips Merawat Bahan dan Hasil Aneka Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel :

- Jika hasil kreasi kerajinan tangan basah karena air, cara mengatasinya ; tempelkan tisu atau kain yang lembut yang bisa menyerap air supaya kerajinan tangan anda menjadi kering.

- Jika terdapat noda atau debu pada hasil kreasi, anda bisa mencucinya dengan cara merendam sebentar dalam larutan detergen cair. Lalu gosok perlahan pada bagian noda mennggunakan jari (jangan menggunakan sikat karena dapat merusak tekstur kain flanel).

- Hindari menjemur atau langsung terkena matahari hasil kerajinan anda, karena dapat memudarkan warna kain flanel.

Demikianlah tentang Tips dan Teknik Membuat, Memilih dan Merawat Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain FanelUntuk Update terbaru tentang Aneka Ide atau Kreasi Kerajinan Tangan Kain Flanel dapat Anda Baca pada Label / Kategori Kain Flanel. Selanjutnya pada pokok bahasan Kerajinan Tangan dari Kain Flanel ini adalah tentang Alat, Bahan-Bahan dan Cara Menjahit atau Jenis-Jenis Tusukan Dasar Aneka Kreasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Flanel, Klik Disini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel